Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

apa kita sudah merdeka??

Agustus 16, 2010


Kemerdekaan..
ngomong-ngomong tentang kemerdekaan,secara umum, kemerdekaan adalah kebebasan yang sebebas-bebasnya buat seluruh mahluk.tp apa kita sudah tau, kalau ternyata kemerdekaan itu memiliki beragam aturan dan tidak sembarang kebebasan.tak hanya buat manusia, buat mahluk lain pun seperti itu. bisa di sebut kemerdekaan.
Disini saya cuma mw kritik,khususnya Indonesia, yang notabene tgl 17 agustus adalah ceremony yang sudah seringkali dilakukan untuk sebuah hal yang bernama 'kemerdekaan'. pertanyaan pertama : apa kita betul sudah merdeka?
rasanya kok saya sendiri masih miris dengan ceremony hari kemerdekaan Indonesia, bukan karena saya sudah jarang ikut lombanya dan tidak dapat hadiah,melainkan karena buat saya ceremony kemerdekaan ini percuma,bukan menumbuhkan rasa saling memerdekakan manusia,tapi ceremony ini cuma membangkitkan keegoan masing-masing orang.senggol sana sini sudah bukan hal yang aneh di Indonesia,cubit dan jitak sana sini,demi sebuah hal yang seandainya kita kejar dan usahakan bersama,justru akan dapat hasil yang memuaskan.
ironisnya, dikala kita,seluruh rakyat indonesia,dikatakan sudah merdeka, tapi masih banyak rakyat pesisir atau rakyat perkampungan yang belum merdeka,mereka terisolasi,mereka terkukung,dan tidak ada yang memperhatikan,lebih menyakitkan lagi, mereka justru jadi lebih dekat dengan negara yang jelas-jelas bukan negaranya sendiri.

Pertanyaan selanjutnya:betul ga sich kita sudah merdeka?
kalaupun menjadi banyak,pertanyaan selanjutnya yang saya buat akan tetap sama. Heran..tapi mau dikata apa,kita hidup atas diri sendiri,dan di kaki sendiri,selalu seperti itu. keadilan atau apapun namanya, cuma jadi omong kosong,rasanya tak perlulah lagi saya kritik sana sini,karena tak pernah ada jawabnya. herannya lagi ketika kita bergerak untuk memerdekakan diri sendiri dan orang lain, tapi justru para penjegal datang dari orang-orang yang justru mau kita merdekakan, bahkan penjegal kelas atas lebih berat lagi.
selama ini saya memang selalu memerdekakan hati saya dari pengaruh negatif,rasanya menjadi lebih ringan, saya tak perlu memikirkan pendapat negatif orang lain,saya tak perlu memandang orang lain sinis, saya tak perlu lagi kecewa, toh, seringkali kecewa itu datang dan akhirnya jadi terbiasa,yang penting hati saya merdeka.dan apapun yang saya perbuat harus sesuai dengan aturan Tuhan dan aturan dunia,semoga saja apa yang saya lakukan menjadi kemerdekaan,terutama bagi diri sendiri.


salam kemerdekaan


merdeka..!!


0 komentar:

 
Copyright © 2012- _Extra Ordinary All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks